Solidaritas korban Semeru, Bupati Ponorogo kirimkan Tim Tagana ke Lumajang

Solidaritas korban Semeru, Bupati Ponorogo kirimkan Tim Tagana ke Lumajang
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, memberangkatkan Tim Tagana ke Lumajang
Solidaritas korban Semeru, Bupati Ponorogo kirimkan Tim Tagana ke Lumajang

 

Ponorogo - HARIAN BANGSA
Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian atas meletusnya Gunung Semeru di Lumajang, Bupati Ponorogo memberangkatkan relawan yang merupakan Taruna Siaga Bencana, Sabtu (11/12). 

Sebanyak 11 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) berikut bantuan logistik yang lainnya berangkat dalam misi kemanusiaan tersebut. 

Didampingi oleh Wakil Bupati, Sugiri Sancoko mengatakan bahwa pengiriman para relawan ke Lumajang mungkin terkesan agak terlambat.  "Setelah berkoordinasi dengan baik agar tidak terjadi penumpukan bantuan maupun personel di lokasi bencana maka hari ini kami berangkatkan Tagana dari Ponorogo, " Ucap Kang Giri, panggilan akrabnya. 

Lebih lanjut Kang Giri menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi secara intensif dengan Pemprov Jawa Timur. "Sehingga kita bisa memberangkatkan tim dari Ponorogo pada hari ini. Kita juga sudah memetakan jumlah personel dan bantuan apa yang perlu kita kirimkan ke sana. Saya ucapkan terima kasih kepada Anda, para relawan, yang rela berangkat untuk misi kemanusiaan ini,” ungkap Bupati Ponorogo. 

Kang Giri berharap bantuan dari Pemkab Ponorogo itu bisa meringankan beban masyarakat Lumajang yang terdampak meletusnya Gunung Semeru itu. "Kita juga berdo'a, semoga bencana kemanusiaan segera berakhir di Indonesia. " Pungkas Bupati Ponorogo. 

Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Hadi Prayitno menjelaskan bahwa jumlah relawan Ponorogo yang dikirim adalah 11 personel Tagana. "Selain itu kita kirim lima kendaraan pengangkut personel, mobil dapur umum dan pengangkut logistik bantuan. Tim relawan ini akan bertugas selama lima hari di Lumajang, " Jelasnya. 

Untuk bantuan sosial, Hadi juga menyebutkan berupa pakaian pria dan wanita, pakaian dalam pria dan wanita, peralatan salat, peralatan mandi dan cuci, alas kaki, pembalut wanita, selimut bayi, masker medis dan pembalut wanita.
“Pengiriman relawan ini merupakan wujud kepedulian sosial kita terhadap para korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang,” tutupnya. (yah/sof).