Dispora Pamekasan Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pelatih Perbasi

Dispora Pamekasan Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pelatih Perbasi
Narasumber pelatihan, dan para pelatih Perbasi Kabupaten Pamekasan yang akan mengikuti pelatihan. foto: eri sugianto/HARIAN BANGSA
Dispora Pamekasan Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pelatih Perbasi

Pamekasan - HARIAN BANGSA

 

Demi meningkatkan kualitas pelatih bola basket di Kabupaten Pamekasan, pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga mengadakan pelatihan bagi pelatih Perbasi, yang berlangsung selama 3 hari, di Gedung PKPN, Jl Kemuning Pamekasan, Rabu (04/11) 

 

Untuk meningkatkan prestasi bola basket di Kabupaten Pamekasan dan meningkatkan mutu pelatih dengan teknik-tehnik terbaru, ada 40 orang pelatih, 16 pelatih dari club, dan 24 dari sekolah tingkat SMP dan tingkat SMA di Kabupaten Pamekasan, yang mengikuti kegiatan yang berlangsung dari tanggal 04 sampai dengan 06 November 2020 dengan tetap mengikuti Prokes covid-19. 

 

Pelatihan mendatangkan 3 narasumber, 2 (dua) dari pengurus provinsi Perbasi Jawa Timur, yaitu Wahyudiono (Kepala Pelatih Perbasi Pengprov Jatim) dan Fariz Madya (Pelatih Perbasi Pengprov Jatim). Dan satu narasumber dari pengurus Perbasi Pemkab Pamekasan, yaitu Totok Suhartono. 

 

 

Narasumber mengatakan, tujuan pelatihan ini bagi para pelatih bola basket agar nantinya mengetahui materi terupdate atau teknik terbaru.

 

"Kemudian yang kedua, juga kita coba temen-temen ini lebih mengerti tentang bola basket dimulai dasar individu, dan dasar tim. Para pelatih diharapkan mengikuti dan menyimak dengan baik materi yang akan diberikan oleh para nara sumber, " harapnya.

 

Selanjutnya,  saat di sekolah atau di club materi ini bisa dijalankan. Jadi tidak hanya sekedar datang, selesai pulang.  "Sehingga nanti betul-betul bisa diterapkan di sekolah atau club  masing-masing ," tuturnya. 

 

Sehingga nanti ke depannya bisa meningkatkan bola basket baik tingkat Provinsi Jawa Timur maupun nasional.

 

Plt Kadispora Kabupaten Pamekasan Masrukin, melalui Kasie Pengembangan Organisasi Olah Eaga dan Kejuaraan Abdul Laryam SSos mengatakan, pelatihan ini diharapkan untuk meningkatkan kualitas pelatih bola basket di Kabupaten Pamekasan, sehingga apabila kualitasnya meningkat otomatis berdampak dan berpengaruh kepada potensi atlet untuk berprestasi. 

 

Laryam, panggilan akrab Abdul Laryam menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dnas Kepemudaan dan Olah raga secara berkesinambungan melaksanakan pelatihan pelatih dari semua cabang olah raga. 

 

Namun, satu tahun ini karena adanya pandemi covid-19, hanya dua cabang olah raga yang mengadakan pelatihan yakni bola basket dan tekwondo. 

 

"Dengan meningkatnya SDM pelatih diharapkan meningkatkan kualitas atlet yang nantinya akan memberikan prestasi kepada kabupaten Pamekasan," Pungkasnya. (err/ros)