KRI Bima Suci Jalankan Misi Muhibah Selama 90 Hari

Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto melepas keberangkatan kapal latih TNI AL jenis Barque, KRI Bima Suci yang akan melaksanakan misi diplomasi dan muhibah duta bangsa.

KRI Bima Suci Jalankan Misi Muhibah Selama 90 Hari
Pelepasan misi diplomasi dan muhibah duta bangsa KRI Bima Suci di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya.

Surabaya, HARIANBANGSA.net - Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto melepas keberangkatan kapal latih TNI AL jenis Barque, KRI Bima Suci yang akan melaksanakan misi diplomasi dan muhibah duta bangsa. Misi ini dalam rangka mendukung latihan praktik (lattek) pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-71 tahun 2024, bertempat di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya. Kamis (1/8).

Dalam amanat Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II menyampaikan, bahwa pelayaran Kartika Jala Krida yang rutin dilaksanakan setiap tahun merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan membentuk karakter Taruna AAL menjadi perwira yang bertanggung jawab dan profesional.

“Pelayaran yang akan menempuh jarak 10.715 Nautical Mile selama kurang lebih 90 hari ini menjadi istimewa karena diikuti oleh 32 kadet dari negara-negara ASEAN dan non-ASEAN,” terangnya.

Pelayaran Kartika Jala Krida tahun ini merupakan ajang untuk memperkenalkan bangsa Indonesia kepada dunia internasional, mempromosikan budaya, dan pariwisata Indonesia. Selain itu, untuk membangun konektivitas antar pemuda dan calon-calon perwira TNI Angkatan Laut dengan negara-negara lain.

Di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso, selaku komandan datgas, KRI Bima Suci akan membawa personel sebanyak 91 anak buah kapal (ABK), 210 taruna AAL, 21 staflat KJK, Kopaska, penyelam, pengamanan, dan penerangan.

Dalam pelayaran kali ini, KRI Bima Suci akan menempuh waktu selama 90 hari. Dimulai tanggal 1 Agustus sampai 30 Oktober 2024, dengan jarak tempuh 10.715 Nautical Mile, dan kecepatan 8 knots.

KRI Bima Suci akan mengelilingi rute pelayaran Surabaya, Jakarta, Singapura, Sihanoukville (Kamboja), Hai Phong (Vietnam), Shanghai (China), Busan (Korea), Vladivostok (Russia), Yokosuka (Jepang), Manila (Filipina), Balikpapan, dan kembali ke Surabaya, dengan jumah layar selama 57 hari dan 33 hari sandar (16 hari dalam negeri, 74 hari luar negeri).

Dalam misi diplomasinya, KRI Bima Suci akan melaksanakan berbagai kegiatan. Di antaranya courtesy call ke beberapa pejabat dan instansi pemerintah setempat, cocktail party, open ship, city tour, city parade, dan sport activities, serta display Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut.(dev/rd)