2000 Polisi akan Antisipasi Gangster saat Nataru

Aksi gangster yang kian meresahkan membuat kepolisian bertindak cepat. Apalagi, menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

2000 Polisi akan Antisipasi Gangster saat Nataru
Petugas Polrestabes Surabaya ketika melakukan razia pemotor pada malam hari.

Surabaya, HARIANBANGSA.net - Aksi gangster yang kian meresahkan membuat kepolisian bertindak cepat. Apalagi, menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Persiapan personel lebih ditekankan mengingat beberapa bulan terakhir angka aksi gankster dan pembalap liar melonjak di Kota Surabaya.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Wibowo membeberkan perihal persiapan kesiagaan personel kepolisian di Nataru. “Gelar pasukan yang dilaksanakan oleh Polrestabes Surabaya nantinya pada H-1 Hari Raya Natal. Setidaknya 2.000 personel akan dikerahkan dan di back-up oleh Polda Jatim,” ujarnya, Senin (18/12).

Selama H-1 nanti giat sterilisasi di beberapa gereja dilaksanakan mulai tanggal 24 malam dan 25 Desember 2023, dan juga tanggal 30 Desember 2023 menjelang Tahun Baru 2024.

Tentang strategi pengamanan yang nantinya diterapkan oleh personel Polrestabes Surabaya,  tahun ini yang diperhatikan hampir sama dengan tahun sebelumnya. “Saat ini pengamanan kami fokus pada kegiatan masing-masing gereja, selain kita juga mengantisipasi kemungkinan tindak pidana,” tambah AKBP Wibowo.

Saat disingung tentang antisipasi aksi gangster dan balap liar, AKBP Wibowo mengatakan, dipastikan bagi para umat Nasrani akan lebih fokus menjalankan ibadah. Sedangkan umat muslim berpotensi melakukan kegiatan lain. “Namun tetap kita tekan kepada masing-masing jajaran untuk melakukan patroli terhadap pemuda pemuda nongkrong, terutama pada malam hari,” tutupnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan gangster dan balap liar, terutama jam malam pada malam Natal dan malam Tahun Baru 2024, bila ditemukan para pemuda bergerombol di tiap jalan raya akan dilakukan pemeriksaan. Selama pemeriksaan bila ditemukan senjata tajam akan dilakukan pengamanan. Namun bila tidak ditemukan gerombolan akan dibubarkan. (yan/rd)