Puluhan Hafidz SDN Kalisat Ikuti Wisuda

Menurut Kepala Desa Kalisat, Sawito, ada 28 penghafal Quran jus 30 yang akan diwisuda. Mereka merupaka murid kelas I hingga VI di SD Negeri Kalisat.

Puluhan Hafidz SDN Kalisat Ikuti Wisuda
Bupati Salwa saat menghadiri acara Wisuda Hafid SDN Kalisat Kecamatan Ijen.

Bondowoso, Hb.net - Jalanan terjal, dan sulit tak menyurutkan semangat Bupati Bondowoso, Salwa Arifin menyapa warga di dusun Pedati, Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Rabu (06/07/2022).  Di wilayah ujung timur, perbatasan Bondowoso-Situbondo ini, Bupati Salwa menghadiri wisuda di SD Negeri Kalisat.

Menurut Kepala Desa Kalisat, Sawito, ada 28 penghafal Quran jus 30 yang akan diwisuda. Mereka merupaka murid kelas I hingga VI di SD Negeri Kalisat.

Dalam sambutannya, Bupati Salwa mengatakan, dirinya berbangga hati bahwa meskipun berada di kawasan ujung timur Bondowoso, tak menyurutkan semangat pelajar yang menghafal Al Qur'an. "Saya senang karena banyak yang hafal Al-Quran," ujar Bupati dihadapan wali murid di Dusun Pedati.

“Ini menjadi semangat agar ke depan para pelajar di Dusun Pedati bisa menghafalkan 30 jus. Menghafalkan Al-Quran bukan membebani pelajaran, ustrubisa menambah kecerdasan akal," imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiyono Eksantoso, mengatakan, pemerintah daerah Bondowoso menginginkan seluruh murid di wilayahnya tak hanya cerdas dalam akademis. Melainkan, juga bisa cerdas spiritual.

Karena itulah, pihaknya membuat program literasi mengaji Al-Quran. Program tersebut juga menyentuh murid yang ada di Dusun Pedati, Desa Kalisat. Salah satunya, yakni dengan dilakukannya wisuda pada puluhan pelajar SD Kalisat yang telah hafal jus 30.

"Mudah-mudahan menjadi program unggulan Bondowoso, yaitu pendidikan karakter," paparnya. Ia pun mengatakan, ke depan untuk menunjang pendidikan yang baik pihaknya berencana akan membangun toilet dan perpustakaan di sekolah tersebut.

"Karena di sini memang butuh toilet dan perpustakaan. Kita lihat juga karena ini masuk sistemnya Aplikasi KRISNA  (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran)," tandasnya.

Kahadiran Bupati Salwa, disambut antusias para tahfid. Namun, orang tua murid ikut hadir dan menyampaikan beragam 'curhat' pada orang nomor satu di Bumi Ki Ronggo. Tak sedikit yang bersorak soray memanggil-manggil nama Bupati Salwa. (gik/diy)